Peluang Bisnis Jasa Catering

5 Dec 2012 | 23:06 WIB

Dalam masyarakat kita, bisnis rumahan katering sangat umum dibutuhkan masyarakat dalam berbagai acara hajatan. Contohnya acara pernikahan, syukuran, seminar,ulang tahun, dan lain sebagainya yang membutuhkan jasa catering untuk menyediakan makanan dalam jumlah yang cukup banyak. Bagi yang jeli ini bias menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan, karena tingkat kebutuhan pasar yang begitu besar.

Perlu disadari bahwa usaha makanan tak akan pernah mati, ini yang melatar belakangi sikap para pelaku bisnis catering sebelum mereka memutuskan untuk memilih bisnis ini. Seiring dengan kebutuhan makanan, prospek usaha catering juga semakin menjanjikan. Untuk konsumen pangsa pasar usaha catering adalah pemilik hajatan pernikahan, pesta ulangtahun, kantor-kantor yang mengadakan seminar atau workshop, dll.

Karena usaha ini membuat makanan dalam jumlah yang cukup banyak, ada baiknya jika mencari tambahan tenaga kerja agar usaha Anda dapat berjalan lancar. Pilihlah karyawan yang punya keahlian untuk memasak, menjaga kebersihan makanan, dan mengetahui cara menciptakan rasa makanan yang enak. Lalu persiapkan peralatan yang dibutuhkan, contohnya alat masak, alat penyajian makanan, dan alat makan. Sehingga Anda bisa memberikan layanan satu paket, mulai dari penyediaan makanan sampai penyewaan peralatan makan dalam suatu hajatan.

Kabutuhan masyarakat untuk makanan masih sangat tinggi, sampai kapanpun manusia akan butuh yang namanya makan. Banyaknya wanita yang bekerja atau memiliki kesibukan lain, sehingga mereka lebih memilih jasa catering ketimbang harus memasak sendiri untuk acara mereka. Ini adalah momen atau peluang besar bagi pelaku usaha catering, untuk mencari banyak untung. Masalah yang sering dihadapi bisnis rumahan ini yaitu persaingan bisnis yang lumayan ketat. Jadi, Anda harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen anda, agar mereka tidak pindah ke usaha catering yang lain.

Melakukan promosi dalam usaha catering dapat kita lakukan dengan membagikan brosur atau pamflet di lingkungan sekitar. Selain itu, juga bisa memasang iklan melalui media massa, seperti surat kabar yang ada di kota Anda. perlu diketahui bahwa strategi pemasaran yang paling efektif adalah pemasaran dari mulut ke mulut, maka berikanlah pelayanan yang terbaik bagi konsumen dan biarkan mereka yang memasarkan produk catering Anda kepada orang lain.

Media promosi lewat kartu nama, mencantumkan nama usaha catering di tisu makan, peralatan makan yang disewakan, dan juga kardus makanan, bisa jadi alternatif sebagai alat untuk mempromosikan bisnis ini. Jika masakan Anda enak, maka konsumen akan kembali lagi dan menjadi pelanggan Anda. Selain itu, menjaga kualitas cita rasa makanan juga harus dipikirkan. Menjaga kebersihan makanan, dan peralatan yang dipakai juga perlu diperhatikan. Karena ini akan memberikan ciri tersendiri bagi pelanggan Anda.
@kuncibisnis.com
Description: Peluang Bisnis Jasa Catering
Rating: 4.5 | Reviewer: Google+
ItemReviewed: Peluang Bisnis Jasa Catering
Comments
Google.com | Peluang Bisnis Jasa Catering | Lowongan Kerja | Info17.com
Powered by Blogger